Selasa, 14 Februari 2017

Butik Khimar Syar’i di Indonesia

Butik Khimar Syar’i – Pemeluk agama Islam amat peduli dengan pakaian yang dikenakan dalam dua konteks berbeda, yaitu baju sehari-hari yang dipakai untuk kegiatan di dalam atau luar rumah dan busana khusus untuk beribadah. Di Indonesia, busana muslim cukup mendapat perhatian besar, sebab populasi pemeluk agama Islam di Indonesia yang hampir mencapai 85% dari total jumlah penduduknya. Hal ini juga yang menjadikan industri fashion muslim pun menjadi tinggi peminatnya.
Oleh sebab alasan itu pula khimar, jilbab maupun gamis saat ini telah menjadi bagian dan kultur masyarakat Indonesia. Berkembangnya cara pemakaian pakaian dan jilbab bagi muslimah dewasa ini juga telah mengikuti trend fashion yang berkembang di masyarakat. Sehingga Jilbab dan pakaian muslimah tersebut tak lagi dikatakan sebagai busana yang ketinggalan jaman.

Kita telah sering mendengat istilah busana muslim syar'i yang memiliki pengertian sama dengan pakaian muslim. Namun, rupanya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mematuhi aturan dan adab berpakaian menurut syaruat Islam seperti;
1.    Menutup aurat dengan sempurna
2.   Tidak transparan dan tidak tipis
3.   Tidak memperlihatkan lekuk tubuh tidak ketat
4.   Tidak berlebihan dan tidak berfungsi sebagai perhiasan
5.   Bahan yang digunakan halal

Salah satu jenis busana muslim yang sangat penting adalah khimar bagi wanita muslimah. Sebab, anjuran memakai khimar tertuang dalam Al Quran dalam surat An Nuur ayat ke 31: “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung­nya) ke dadanya. (QS: An Nuur :31). Jadi, khimar adalah kain yang dijulurkan guna menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada muslimah mulai belakang maupun hingga depan (termasuk menutupi selangka).
Dari beberapa alasan di ataslah, maka dewasa ini banyak sekali butik desainer yang tertarik untuk merancang dan memproduksi khimar untuk dipasarkan. Di samping itu juga ada Butik Khimar Syar’i yang memudahkan para pelanggan untuk datang dan membeli khimar yang trendi, modis, namun tetap syar’i. Butik khimar yang jugas sedang menjamur di Indonesia tersebar di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Denpasar dan lain-lainnya.
Tak jarang, banyak artis tersohor tanah air bahkan memiliki butik khimar syar’i dan menggunakan brand namanya sendiri seperti Oki Setiana Dewi dan Lyra Virna.  Hal ini tentu mendongkrak minat para konsumen untuk membeli dan mengenakan khimar yang syar’i dalam aktivitas mereka. Bahkan, desain dan model-model khimar syar’i dari butik para publik ini dijadikan contoh rancangan untuk khimar di pasaran.
Seiring pula dengan berkembangnya teknologi dan pengetahuan, banyak dari perancang dan pemilik butik khimar syar’i yang memanfaatkan social media online sabagai alat untuk memperkenalkan khimarnya ke dunia luas. Di antara beberapa media sosial yang kerap digunakan di antaranya adalah;
1.    Instagram
     Instagram adalah media sosial paling populer saat ini yang digunakan untuk mengunggah foto dengan cepat. Sosial media jenis ini sangat digemari masyarakat, terutama bagi yang ini mencari informasi suatu hal dengan cepat dan lengkap disertai gambar serta keterangannya.
2.   Facebook
     Sosial media yang mulanya dibuat oleh Mark Zuckerberg ini telah memiliki pengguna lebih dari 1 milyar orang. Tak ayal, banyak toko online yang menggunakan jasa media sosial Facebook untuk memperkenalkan hasil rancangannya.
3.   Broadcast WhatsApp
     Sosial media yang mirip dengan SMS manual ini kini juga banyak dimanfaatkan untuk bisnis penjualan dan jasa melalui broadcast massage yang bisa dilakukan dengan mudah.
4.   Black Berry Massanger (BBM)
     Dengan membuat grup khusus untuk menjajakan barang dan fitur invite pada BBM akan memudahkan penjual untuk memperkenalkan produknya.


Demikian adalah informasi singkat mengenai Butik Khimar Syar’i yang bisa dijadikan sebagai bahan tambahan informasi anda. Selamat membaca.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar